ANALISIS PROMOTION MIX PADA USAHA COOK N KISS
Abstract
Cook n Kiss adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang food and beverages. Penjualan Cook n Kiss selama ini masih belum dapat mencapai target perusahaan dan salah satu faktor yang penyebabnya adalah kegiatan promosi yang masih minim dalam perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis promotion mix yang diterapkan pada Cook n Kiss dalam upaya meningkatkan penjualan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan pada penelitian ini adalah perusahaan benchmark yang minimal sudah 3 tahun berdiri dan konsumen yang pernah membeli produk Cook n Kiss minimal satu kali. Pengecekan validitas dan reliabilitas data menggunakan triangulasi sumber. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data menurut Miles dan Huberman dengan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan periklanan, pemasaran langsung, promosi penjualan, events, dan pemasaran word of mouth merupakan alat promotion mix yang sesuai untuk diterapkan Cook n Kiss dalam mempengaruhi minat beli konsumen dan meningkatkan penjualan.
