PENGARUH PRODUK, HARGA, LOKASI DISTRIBUSI, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN CHILETO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel - variabel marketing mix (produk, harga, lokasi dan promosi) terhadap keputusan pembelian konsumen Chileto. Empat buah hipotesis diajukan dalam penelitian ini, yaitu: produk memiliki pengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen (H1); harga memiliki pengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen (H2); lokasi memiliki pengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen (H3) dan promosi memiliki pengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen (H4). Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan survey. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah konsumen Chileto yang berjumlah 130 orang. Berdasarkan rumus Nomogram Henry King dengan taraf kesalahan 10, maka 88 orang responden dapat dijadikan sebagai sampel. Berdasarkan usia, sampel terdiri dari 42% berusia 21 - 25 tahun, 25% berusia 26 - 30 tahun, 20,5% berusia 17 - 20 tahun dan 12,5% lainnya berusia >31 tahun. Berdasarkan jenis kelamin, 40,9% laki - laki dan 59,1% perempuan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh positif dari produk, harga dan lokasi terhadap keputusan pembelian. Promosi memberi pengaruh negatif tidak signifikan terhadap keputusan pembelian, sehingga hanya hipotesis keempat yang ditolak.