PERANCANGAN STRATEGI PROMOSI BISNIS RAWR CLOTHING
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang strategi promosi bisnis Rawr Clothing, berdasarkan strategi yang diterapkan pesaing, yang diinginkan konsumen, dan yang disarankan oleh para ahli pemasaran. Rawr Clothing adalah bisnis yang bergerak dalam bidang fesyen dan produk yang dijual diproduksi sendiri. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik snowball sampling. Pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini dengan cara wawancara dan observasi kepada pesaing, serta wawancara kepada konsumen dan para ahli. Pengecekan validitas dan realibilitas data menggunakan keabsahan data, yaitu triangulasi sumber. Analisis data yang dilakukan menggunakan metode analisis data menurut Miles and Huberman, yang berisi tiga tahapan dalam menganalisis data, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. sil penelitian ini menunjukkan, strategi promosi yang harus dilakukan Rawr Clothing ada lima, yaitu yang pertama, promosi menggunakan media sosial instagram. Kedua, melakukan sesi pemotretan dengan menggunakan model yang menarik dan fotografer yang handal, serta memberikan diskon pembelian produk. Ketiga, melakukan endorse produk ke blogger dan artis yang memiliki banyak followers melalui instagram, yang keempat membuat website, dan yang terakhir mengikuti pameran fesyen berkelas dan untuk rencana kedepan Rawr Clothing akan membuat fashion show dengan Rawr Clothing sebagai sorotan utamanya. Semua strategi promosi tersebut dilakukan untuk meningkatkan penjualan dan mengenalkan brand Rawr Clothing.
