ANALISIS FAKTOR - FAKTOR YANG MEMOTIVASI WANITA UNTUK BERWIRAUSAHA (STUDI KASUS PADA IBU - IBU PELAKU USAHA DI WILAYAH MADE DAN SEKITAR)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apakah yang memotivasi wanita untuk menjadi wirausaha. Respoden dari penelitian ini adalah 40 orang wanita wirausaha di wilayah Made dan sekitarya, kota Surabaya.
Penelitian dilakukan secara kuantitatif dengan metode analisis data first order dan second order confirmatory confirmatory factor analysis. Kuesioner yang disebar berisi tentang indikator-indikator yang didapat dari penelitian-penelitian terdahulu yang berjumlah 12 indikator yang dibagi menjadi lima variabel yang diperkirakan memotivasi wanita untuk menjadi wirausaha. Variabel yang digunakan adalah keluarga, pendapatan, keahlian & pengetahuan, pengembangan diri, dan pemerintah. Hasil dari penelitian menuniukan bahwa ada satu variabel vang sienifikan memotivasi wanita vaitu pemerintah. Pembaca dapat menggunakan penelitian in sebagai referensi dan kemudian mempertimbangkan untuk menjadi wanita wirausaha atau tidak.