PENGARUH PEMASARAN RELASIONAL TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN YANG DIMEDIASI OLEH REPUTASI PERUSAHAAN KELUARGA PADA PERUSAHAAN KELUARGA B2B DI FAMILY BUSINESS COMMUNITY UNIVERSITAS CIPUTRA
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pemasaran relasional terhadap loyalitas pelanggan yang dimediasi oleh reputasi perusahaan keluarga pada perusahaan keluarga B2B. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan bukti empiris yang diperoleh dari pelanggan perusahaan keluarga B2B komunitas bisnis perusahaan keluarga Universitas Ciputra. Untuk teknik analisis, penelitian ini menggunakan Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS SEM) untuk melakukan pengumpulan data dari 102 responden. Hasil analisis dalam penelitian ini adalah ada pengaruh positif antara pemasaran relasional terhadap reputasi perusahaan keluarga serta ada pengaruh positif antara pemasaran relasional terhadap loyalitas pelanggan. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa reputasi perusahaan keluarga tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan dan reputasi perusahaan keluarga sebagai variabel medias tidak berpengaruh terhadap hubungan antara pemasaran relasional dan loyalitas pelanggan. Penelitian ini memperluas pengetahuan tentang strategi pemasaran untuk membantu perusahaan keluarga memenangkan persaingan.