PENGARUH PERCEIVED VALUE, PERSEPSI HARGA PRODUK DAN KEMASAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN TROPICAL COFFEE
Abstract
Globalisasi memiliki peran penting di dalam perekonomian dunia, khususnya bisnis kopi di Indonesia yang telah menjadi life style masyarakat. Upaya untuk menghadapi persaingan dilakukan para pebisnis dalam membuat strategi terkait percevied value, harga dan kemasan. Hal in ditujukan demi meningkatkan kepuasan pelanggan dan loyalitasnya terhadap produk. Salah satu startup yang bergerak di bidang kopi adalah Tropical Coffee. Tropical Coffee adalah inovasi produk kopi dengan bahan herbal yang aman dikonsumsi bagi pelanggan penderita kolestrol, maag dan diare.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Pengaruh Perceived Value, Persepsi Harga dan Kemasan Terhadap Kepuasan Pelanggan Tropical Coffee. Metode yang dilakukan dalam penelitian in menggunakan metode kuantitatif dengan analisis regresi linear berganda.
Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan instrument kuisoner. Penyebaran kuisoner dilakukan terhadap 89 responden yang merupakan pelanggan Tropical Coffee dengan metode purposive sampling. Variabel dalam penelitian in ada 3 yaitu: perceived value (X1), persepsi harga (X2), kemasan (X3) dan kepuasan pelanggan (Y) Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa perceived value, persepsi harga dan kemasan (X3) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan