Pengaruh E-Service Quality Terhadap Repurchase Intention Melalui Mediasi Customer Satisfaction Pada Pembelian Makanan Siap Saji (Rice Bowl) Pada Target Pasar Usaha Dapur Nusantara
Date
2023Author
Djojokusumo, Jonathan Kevin
Kristanti, Lili
Efrata, Tommy C.
Metadata
Show full item recordAbstract
Dapur Nusantara adalah bisnis yang bergerak dibidang makanan yang menjual
produk berupa rice bowl dengan cita rasa khas Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh dari e-service quality terhadap repurchase intention, e-service quality
terhadap customer satisfaction, customer satisfaction terhadap repurchase intention, dan eservice quality terhadap repurchase intention melalui customer satisfaction sebagai variabel
mediasi. Populasi penelitian ini ada konsumen produk rice bowl dengan metode sampling
berupa rumus Hair et al., sebanyak 150 responden. Alat analisis yang digunakan adalah PLSSEM dengan asumsi setiap variabel mempengaruhi secara positif dan signifikan. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa e-service quality berpengaruh positif signifikan terhadap
repurchase intention, e-service quality berpengaruh positif signifikan terhadap customer
satisfaction, customer satisfaction berpengaruh positif signifikan terhadap repurchase
intention, e-service quality berpengaruh positif signifikan terhadap repurchase intention
melalui customer satisfaction sebagai variabel mediasi. Keunggulan penelitian ini adalah
mudahnya pengambilan responden karena banyaknya responden yang merupakan konsumen
produk rice bowl. Manfaat penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor apa saja yang
mempengaruhi minat pembelian ulang konsumen pada produk rice bowl.