• Login
    View Item 
    •   DSpace Home
    • Lecture Papers
    • Lecture Papers National Published Articles
    • View Item
    •   DSpace Home
    • Lecture Papers
    • Lecture Papers National Published Articles
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Tren Shopee Haul dalam Platform Tiktok: Sebuah Tinjauan Budaya Pop dan Tontonan

    Thumbnail
    View/Open
    Abstract (756.1Kb)
    Content (745.2Kb)
    Plagiarism (4.752Mb)
    Date
    2022
    Author
    Swastika, Gabriela Laras Dewi
    Tjondro, Jennifer
    Josephine, Christine
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Aplikasi Tiktok merupakan salah satu content sharing platform yang paling digemari oleh sebagian besar masyarakat di dunia. Pada tahun 2020, aplikasi Tiktok menduduki posisi pertama aplikasi yang paling banyak diunduh di dunia. Pertama kali dirilis pada tahun 2016, aplikasi Tiktok memungkinkan masyarakat untuk mengunggah video dengan durasi maksimal 60 detik. Konten yang diunggah juga beragam, mulai dari konten komedi, edukasi hingga tutorial. Salah satu konten yang sedang diminati oleh masyarakat saat ini adalah konten "Shopee Haul". Dalam aplikasi Tiktok sendiri, konten ini sudah melebihi 8 triliun tayangan. Untuk memahami lebih dalam mengenai Shopee Haul dalam aplikasi Tiktok, kami melakukan penelitian dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif studi kasus. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab rumusan masalah bagaimana tinjauan budaya pop dan tontonan dalam tren Shopee Haul di tiktok? Adapun tujuan dari penelitian adalah untuk memahami tren Shopee Haul dalam media sosial Tiktok dengan menggunakan teori budaya populer dan tontonan. Manfaat dari penelitian ini secara teoritis adalah untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan dalam bidang ilmu pengetahuan budaya populer dan tontonan budaya. Sedangkan manfaat praktis penelitian ini adalah diharapkan masyarakat dapat lebih kritis dalam menonton video Shopee Haul di Tiktok ke depannya. Hasilnya jika dilihat dari kacamata budaya tontonan, pengguna aplikasi ini seakan berada di atas panggung untuk mempertontonkan dirinya kepada banyak orang dengan mengunggah banyak konten. Dalam aplikasi Tiktok pengguna berperan sebagai performer dan dalam waktu bersamaan juga berperan sebagai spectator atau penonton. Sedangkan konten Shopee Haul ini dapat dikatakan sebagai budaya tontonan karena konten video ini dapat memberikan appearance ideal yang membuat masyarakat merasa senang saat menonton Shopee Haul. Konten Shopee Haul juga dapat disebut sebagai budaya populer. Konsep video yang relatif singkat dan padat membuat video Shopee Haul memenuhi ciri utama dari budaya populer, yaitu mudah dinikmati dan tidak bersifat memaksa.
    URI
    https://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/6871
    Collections
    • Lecture Papers National Published Articles

    Copyright©  2017 - LPPM & Library Of Universitas Ciputra
    »»» UC Town CitraLand, Surabaya - Indonesia 60219 «««
    Powered by : FreeBSD | DSpace | Atmire
     

     

    Browse

    All of DSpaceCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    Copyright©  2017 - LPPM & Library Of Universitas Ciputra
    »»» UC Town CitraLand, Surabaya - Indonesia 60219 «««
    Powered by : FreeBSD | DSpace | Atmire