PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING, E-COMMERCE, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN TOKO OFFLINE PADA FAMILY BUSINESS UNIVERSITAS CIPUTRA ANGKATAN 9
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Social Media Marketing, E-commerce,
dan Kualitas Produk terhadap peningkatan penjualan toko konvensional di kalangan komunitas family
business Universitas Ciputra Surabaya angkatan 9. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif
dengan jumlah sampel 92, pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling dengan
kriteria mempunyai bisnis offline dan menggunakan social media dan e-commerce. Penelitian ini
diolah menggunakan software SPSS, metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebar
melalui google form. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa e-commerce dapat mempengaruhi
peningkatan penjualan secara signifikan, sedangkan Social Media Marketing dan Kualitas Produk
tidak berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan penjualan.