RANGKAIAN MODALITAS KEPEDULIAN DARI STRUKTUR GENERIK IKLAN SIRUP ABC 2021
Date
2021Author
Sitompul, Ignatia Evelyn Susanti
Marta, Rustono Farady
Haryono, Cosmas Gatot
Metadata
Show full item recordAbstract
Bulan Suci Ramadhan merupakan bulan yang sangat dinanti oleh masyarakat Indonesia. Berbagai macam
pesan dapat kita dapati selama Bulan Suci Ramadhan berlangsung. Hal ini tentunya mendorong banyak
orang untuk berlomba menampilkan pesan yang unik dan kreatif yang salah satunya ialah dengan
menggunakan media iklan. Salah satu kategori pangan yang menggunakan media televisi sebagai
pemasarannya ialah produk sirup. Mereka berlomba untuk membuat sebuah iklan yang menarik dan
tentunya unik sehingga dapat menarik minat masyarakat luas. Data pada tahun 2017-2020, ABC menjadi
salah satu sirup yang diminati masyarakat Indonesia. Iklan yang saat ini sedang muncul yakni iklan sirup
ABC edisi Berbagi Rasa Kebersamaan di Bulan Ramadhan akan diteliti menggunakan semiotika
multimodal John Bateman dengan metode kualitatif interpretif. Melalui penelitian ini diidentifikasi
makna yang terkandung di dalam iklan tersebut yaitu kepedulian terhadap sesama anggota keluarga.
Oleh karena itu penelitian ini dapat dilihat bagaimana iklan sirup ABC mempromosikan produknya
sebagai merek yang memperdulikan momen Ramadhan pada iklan Berbagi Rasa Kebersamaan Dibulan
Ramadhan.

