STUDI EKSPLORASI HARAPAN KONSUMEN TERHADAP KINERJA TOUR LEADER
Abstract
Tour leadermerupakan orang yang menemani, memimpin, dan mengurus rombonganselama perjalanan wisata berlangsung dan bertanggung jawab atas suatu keberhasilanperjalanan wisata.Hal-hal yang menjadi harapan konsumen dapat dijadikan panduanbagi seorangtour leaderuntuk meningkatkan kualitas kinerjanya.Penelitian inibertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa yang menjadi harapan konsumen dalamrangka meningkatkan kinerjatourleader.Populasi yang ditetapkanpada penelitianini adalah konsumen yang pernah mengikuti perjalanan wisata minimal lima kali dantour leaderyang pernah memimpin perjalanan wisata.Teknik pengumpulan datadalam penelitian ini dilakukan dengan wawancarasemi terstruktur, observasi, danstudi dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwakonsumen menginginkan seorangtour leaderyang ramah, tanggap bila ada suatumasalah yang terjadi saatperjalanan wisata, menanggapi komplain daripeserta danmengupayakan jalan keluarnya,dapatmengurus segala sesuatunya sehingga pesertahanya tahu beres,berpengetahuan luas, tepat waktu,mengetahuijob descriptionsebagaitour leader, fleksibel dengan karakter pesertaagar dapat membaur denganpeserta dan tercipta keakraban,dandapatmengaturtempat duduk di pesawatsesuaidengan kebutuhan dan keinginan pesertakarena jika tempat duduk terpisah dengananggota keluarga lain akan mengurangi kenyamanan peserta.