ANALISIS PENGARUH CITY BRANDING KOTA MAKASSAR TERHADAP PENINGKATAN JUMLAH WISATAWAN
Abstract
City branding merupakan salah satu cara untuk mempromosikan sebuah kota.Tujuan utama dari city branding adalah untuk menarik wisatawan danmeningkatkan jumlah kunjungan wisatawan. Kota Makassar telah memiliki citybranding yaitu “Makassar Great Expectation” yang telah diluncurkan sejak tahun2005. Namun, belum banyak masyarakat maupun wisatawan yang mengenal citybranding kota Makassar. Data statistikpariwisata Kota Makassar sendirimenunjukkan adanya tren peningkatan jumlah wisatawan selama lima tahunterakhir terhitung sejak tahun 2007. Dalam penelitian kali ini untuk mencari tahuapakah city branding kota Makassar mempengaruhi peningkatan jumlahwisatawan.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan uji statistik T, uji statistikF, dan uji koefisien determinasi. Sebelumnya dilakukan uji validitas dan ujireliabilitas terlebih dahulu untuk menguji kuisioner yang digunakan. Teknikpengambilan sampel yang digunakan adalahnon-probability purposive samplingdengan jumlah sampel yang digunakan adalah sebanyak 100 responden. Melaluipenelitian ini didapatkan hasil bahwa city branding kota Makassar berpengaruhsebanyak 63,1% terhadap peningkatan jumlah wisatawan.
