SIMPLIFIKASI RITUAL HARAI DAN DIMENSI KULTURAL HOFSTEDE DALAM IKLAN FORTE VERSI SUMO
Date
2019Author
Kristianto, Bernard Realino Danu
Marta, Rustono Farady
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini berjudul Simplifikasi Ritual Harai dan Dimensi Kultural Hofstede dalam Iklan
Forte Versi Sumo. Penelitian ini bertujuan memahami Ritual Harai dalam ritual Sumo yang
tersimplifikasi serta dimensi budaya Hofstede dalam iklan produk rokok FORTE. Adapun produk
rokok FORTE ini tergolong baru di pasar Indonesia. Produk rokok yang berasal dari perusahaan
Jepang ini diluncurkan oleh perusahaan lokal Indonesia, PT Djarum. Namun dalam penayangan
iklannya, produk ini menampilkan pegulat Sumo yang terhimpit oleh frame yang kemudian
memunculkan tulisan mighty tiny sebagai slogan utama rokok FORTE tersebut. Dalam pembahasan,
akan dipaparkan bagaimana dimensi-dimensi lintas kultural Geert Hofstede dipaparkan melalui
penampilan keseluruhan iklan dan produk rokok Forte. Peneliti mengambil kesimpulan bahwa karya
audio visual produk rokok Forte yang berbentuk iklan merupakan simplifikasi ritual harai dalam
olahraga Sumo demi tujuan promosi produk dan durasi iklan itu sendiri. Identitas budaya Jepang yang
tampil dalam iklan rokok FORTE melalui olah raga Sumo memiliki kompleksitas dimensi kultural
historis yang sarat makna dan filosofi.