PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KATSUOBUSHI KING’S GOOD DI SURABAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti dan mengetahui ada atau tidaknya pengaruhyang signifikan secara parsial antara kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelianproduk Katsuobushi KING’S GOODS, serta untuk mengetahui adanya pengaruh signifikansecara simultan antara kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian produkKatsuobushi KING’S GOODS. Pada penelitian ini menggunakan dua variabel bebas dan satuvariabel terikat. Kualitas produk (X1) dan harga (X2) adalah variabel bebas, dan keputusanpembelian (Y) sebagai variabel terikat. Populasi dari penelitian ini adalah semua orang yangpernah mengunjungi website KING’S GOODS dan mengirimemail, pernah bertanya (viahandphone), pernah membeli (viahandphone), dan pelanggan (viahandphone) dengan totalpopulasi sebanyak 79 orang. Sampel diambil dengan menggunakan teknik non-probabilitassampling dengan metodejudgment sampling. Kriteria yang ditetapkan yaitu orang yangpernah membeli dan membeli lebih dua kali (pelanggan), sehingga ditemukan total sampelyang akan diteliti sebanyak 37 orang.Variabel kualitas produk (X1) diteliti dengan menggunakan indikator performa,keandalan, kesesuaian, daya tahan, dan servis. Variabel harga (X2) diteliti denganmenggunakan indikator kesesuaian harga, nilai barang, dan harga terhadap harga di pasar.Variabel keputusan pembelian (Y) diteliti dengan menggunakan indikator keputusanpembelian yang dipengaruhi kualitas produk, keputusan pembelian yang dipengaruhi harga,keputusan menjadi pelanggan, dan keputusan pembelian produk baru yang dikeluarkanperusahaan. Penelitian ini menggunakan metode regresi linier berganda. Penelitianmenggunakan data primer dan data sekunder. Data primer diambil dengan metode surveikuesioner dan akan diukur menggunakan skala Likert. Data sekunder diperoleh dari dataperusahaan (internal), buku literatur dan internet (eksternal). Data primer diolah denganmenggunakan bantuan program SPSS versi 17.Hasil dari uji t adalah kualitas produk (X1) berpengaruh signifikan secara parsialterhadap keputusan pembelian (Y). Sedangkan pada variabel harga (X2) dihasilkan tidakberpengaruh signifikan secara parsial terhadap variabel keputusan pembelian (Y). Hasil dariuji F adalah variabel kualitas produk dan variabel harga berpengaruh secara simultanterhadap keputusan pembelian. Dikarenakan harga tidak berpengaruh signifikan terhadapkeputusan pembelian maka dilakukan uji regresi kedua dengan tidak menyertakan variabelharga. Model regresinya adalah Y = 0,954 + 0,751 X1