Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan WS Shop
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh performance, feature, reliability, conformance, dan durability produk aksesoris baik secara simultan maupun parsial terhadap kepuasan pelanggan WS SHOP. WS SHOP sebagai salah satu online SHOP yang menjual berbagai macam aksesoris tentu saja harus bisa memenuhi kebutuhan fashion wanita agar dapat tercipta kepuasan pelanggan. Oleh karena itu, WS SHOP harus dapat mempertahankan aspek kualitas produk aksesoris yang dijual. Aspek kualitas produk yang berkaitan dengan permasalahan yang dihadapi oleh WS SHOP adalah performance, feature, reliability, conformance, dan durability. Variabel bebas yang diteliti dalam penelitian ini adalah performance, feature, reliability, conformance, dan durability, sedangkan variabel terikatnya adalah kepuasan pelanggan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling dengan menggunakan jenis sampling jenuh. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan WS SHOP yang pernah melakukan transaksi minimal dua kali. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 responden, yaitu customer yang pernah melakukan transaksi pada WS SHOP minimal dua kali sejak bulan Maret 2010 sampai September 2010. Desain penelitian ini adalah penelitian kausal atau hubungan pengaruh antara dua variabel atau lebih. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dengan program SPSS 13. Hasil penelitian menunjukkan bahwa performance, feature, reliability, conformance, dan durability produk aksesoris berpengaruh signifikan baik secara simultan maupun parsial terhadap kepuasan pelanggan WS SHOP.