Pengaruh Achievement Goal Orientation terhadap Prokrastinasi pada Mahasiswa Tingkat Awal dan Mahasiswa Tingkat Akhir
Abstract
Kewajiban mahasiswa adalah menyelesaikan tugas-tugas. Namun banyak ditemukan mahasiswa melakukan
prokrastinasi dalam menyelesaikan tugas jika dilakukan secara terus menerus dapat merugikan mahasiswa
seperti menurunnya ipk dan terhambat untuk mencapai tujuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif menggunakan dengan desain regresi linear karena peneliti ingin mengetahui pengaruh
achievement goal orientation terhadap prokrastinasi pada mahasiswa tingkat awal dan akhir. Responden
dalam penelitian ini adalah mahasiswa tingkat awal dan mahasiswa tingkat akhir. Subjek penelitian sebanyak
133 mahasiswa dengan 67 mahasiswa tingkat akhir dan 66 mahasiswa tingkat awal. Hasil menyatakan
bahwa achievement goal orientation berpengaruh secara signifikan terhadap prokrastinasi pada mahasiswa
tingkat awal dan mahasiswa tingkat akhir. Namun terdapat perbedaan besaran pengaruh achievement goal
orientation terhadap prokrastinasi mahasiswa tingkat awal dan juga mahasiswa tingkat akhir. Dalam riset ini
achievement goal orientation memberikan pengaruh yang lebih rendah terhadap prokrastinasi mahasiswa
tingkat akhir dibandingkan mahasiswa tingkat awal dikarenakan terdapat faktor lain yang mempengaruhi
prokrastinasi selain achievement goal orientation.

