STUDI KELAYAKAN BISNIS UNTUK PENGEMBANGAN USAHA SOUVENIR DAN UNDANGAN PADA PERUSAHAAN PINKBERRY COLLECTION DI SURABAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui kelayakan investasi usaha pada perusahaan PinkBerry Collection yang ditinjau dari aspek pasar, aspek manajemen, aspek teknis, dan aspek keuangan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah masyarakat Surabaya yang akan mengadakan pesta pernikahan sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen yang datang ke perusahaan PinkBerry Collection yang akan mengadakan pesta pernikahan. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara kepada konsumen yang datang ke perusahaan PinkBerry Collection dan perusahaan pesaing. Penilaian dari aspek pasar dan pemasaran menyatakan posisi perusahaan PinkBerry Collection berada di posisi ST dengan strategi diversifikasi. Aspek Teknis, perusahaan akan mendirikan showroom baru di Jalan Embong Malang No.14. Aspek manajemen, perusahaan memiliki job description dan struktur organisasi yang jelas. Alat analisis yang digunakan dalam penilaian aspek keuangan adalah Payback Period, Net Present Value, dan Internal Rate of Return. Hasil dari perhitungan Payback Period adalah 2 tahun 2 bulan 14 hari, NPV sebesar Rp131.835.848, dan IRR sebesar 175,61%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bisnis ini layak untuk dijalankan.

