ANALISIS PENGARUH ETNIS DAN KEPERCAYAAN TERHADAP MANFAAT SARANG BURUNG WALET TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SARANG BURUNG WALET
Abstract
Sarang burung walet adalah salah satu produk makanan yang dikonsumsi karena dipercaya mempunyai manfaat yang banyak. Konsumen yang banyak mengkonsumsi sarang burung walet adalah konsumen dengan etnis Tionghoa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh etnis dan kepercayaan terhadap keputusan konsumen di Surabaya untuk membeli sarang burung walet.Penelitian ini masuk dalam kategori penelitian kausalitas karena hasil penelitian menunjukkan arah hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat, disamping mengukur kekuatan hubungannya. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah etnis dan kepercayaan, sementara variabel terikatnya adalah keputusan pembelian. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 70 orang. Teknik pemilihan sampel menggunakan judgemental sampling. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan regresi dummy. Hasil penelitian ini telah menunjukkan bahwa variabel etnis dan kepercayaan secara simultan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen dalam membeli sarang burung walet. Baik etnis maupun kepercayaan secara parsial memberikan pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen, begitu juga dengan variabel interaksi antara etnis dan kepercayaan juga memberikan pengaruh yang signifikan.

