ANALISIS STUDI PENGEMBANGAN BISNIS TOKO JUANDA RAYA DI KOTA MALANG
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah bisnis ban berdasarkan aspek pemasaran, aspek hukum, aspek teknis, aspek sumber daya manusia dan aspek keuangan dinyatakan layak dijalankan atau tidak. Populasi yang digunakan adalah dengan wawancara yang dilakukan ke perusahaan-perusahaan yang memiliki kendaraan berat di Malang. Sampel yang digunakan adalah semua perusahaan yang memiliki kendaraan berat yang berada di Karanglo. Metode pengumpulan data primer dengan menggunakan wawancara dan observasi. Untuk data sekunder didapat dari buku-buku refrensi dan Badan Pusat Statistik (BPS). Variabel yang diteliti adalah aspek pemasaran, aspek hukum, aspek teknis, aspek sumber daya manusia, dan aspek keuangan. Alat analisa yang digunakan adalah Payback Period (PP), Profitability Index (PI), Net Present Value (NPV), dan Internal Rate of Return (IRR). Hasil penelitian adalah nilai PP dibawah 3 tahun, nilai PI lebih dari 1, NPV positif, dan nilai IRR lebih tinggi jika dibandingkan suku bunga dasar kredit.

