Komunikasi Lingkungan sebagai Fondasi dalam Kampanye Penggunaan Tas Belanja Kain Ramah Lingkungan (Green Bag) di Indonesia
Abstract
Komunikasi yang efektif sangat fundamental dalam kehidupan, baik pada tingkat individu maupun kehidupan organisasi atau korporasi. Pada tingkat organisasi, perusahaan biasanya melakukan kampanye sebagai usaha untuk menarik perhatian pengampu kepentingan (stakeholder) dan seringkali diperuntukkan bagi konsumen (potensial), sementara budaya memberikan pengaturan sosial bagi pelaksanaan kampanye, dan kampanye pada umumnya berfungsi sebagai katalis untuk inovasi dan perubahan pola pikir. Kampanye komunikasi lingkungan menekankan strategi untuk memproduksi efek pada pengetahuan, sikap, dan perilaku di dalam keberagaman domain, yang dapat meliputi politik, sosial, lingkungan hidup, dan kesehatan. Dimulai pada tahun 2009, beberapa swalayan atau supermarket dan hypermarket di Indonesia mulai menggalakkan kampanye ramah lingkungan, yaitu penggunaan tas belanja kain ramah lingkungan (green bag) sebagai pengganti kantong plastik yang cenderung tidak ramah lingkungan. Berbagai upaya dilakukan, seperti pemasangan billboard sebagai pemberitahuan bahwa pemberian kantong plastik akan diberhentikan, hingga pemberian garansi dan jaminan kepada konsumen bahwa tas kain ramah lingkungan dapat ditukarkan secara cuma-cuma apabila tas tersebut telah rusak. Dengan mengacu pada riset terdahulu serta publikasi di surat kabar mengenai penggalakan penggunaan green bag di Indonesia, tulisan ini mencoba memaparkan bahwa kampanye penggunaan green bag yang telah dilakukan oleh berbagai supermarket dan hypermarket hingga akhir tahun 2015 hanya memotivasi sebagian kecil masyarakat Indonesia untuk membeli dan menggunakan tas kain ramah lingkungan sebagai ganti dari kantong plastik. Berdasarkan fenomena ini, maka perusahaan (dalam tulisan ini mengacu kepada supermarket atau hypermarket) sebagai pihak perancang dan pelaku kampanye seyogyanya memiliki serta mampu menerapkan kecakapan komunikasi lingkungan maupun pengetahuan mengenai media dan publik demi efektivitas kampanye atau edukasi penggunaan tas kain ramah lingkungan.
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
PENGARUH PENGETAHUAN LINGKUNGAN DAN KEPEDULIAN LINGKUNGAN TERHADAP NIAT BELI PRODUK THE BODY SHOP DI SURABAYA
Hernomo, Aurelia Fiona; Christian, Sonata (Universitas Ciputra Surabaya, 2022)Lingkungan hidup adalah tempat bagi makhluk hidup untuk tinggal, berkembang, dan mempengaruhi satu sama lain. Namun, semakin banyak isu dan permasalahan yang terjadi pada lingkungan hidup seperti eksploitasi dan degradasi ... -
PERANCANGAN PROYEK RUMAH MAKAN VIEW SAWAH DI DESA TAMANYELENG DENGAN PENDALAMAN GREEN ARCHITETURE OLEH KONSULTAN MS ARCHITECTURE INTERIOR
Silani, Metta (Universitas Ciputra Surabaya, 2021)Tugas akhir yang berjudul “PERANCANGAN PROYEK RUMAH MAKAN VIEW SAWAH DI DESA TAMANYELENG DENGAN PENDALAMAN GREEN ARCHITETURE OLEH KONSULTAN MS ARCHITECTURE INTERIOR” berisi tentang rancangan model bisnis konsultan ... -
PERANCANGAN PROYEK SDN TAMBAKREJO 02 DENGAN PENDEKATAN SUSTAINABLE DESIGN OLEH KONSULTAN ORPHIC DESIGN
Nurcahya, Michael Ivan (Universitas Ciputra Surabaya, 2020)“PERANCANGAN PROYEK SDN TAMBAKREJO 02 DENGAN PENDEKATAN SUSTAINABLE DESIGN OLEH KONSULTAN ORPHIC DESIGN” Seiring bertumbuhan jaman dan globalisasi mengakibatkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia juga meningkat. Menurut ...
