PERANCANGAN LOGO DAN APLIKASINYA PADA MEDIA PROMOSI VISUAL UNTUK MENCIPTAKAN BRAND IMAGE EPIPHANY GIFT BOX SEBAGAI PERUSAHAAN GIFT BOX DI KALANGAN REMAJA KOTA SURABAYA
Abstract
Perancangan ini dilakukan dalam rangka akan berdirinya perusahaan baru di bidang gift box yang bernama “Epiphany Gift Box” di Surabaya. Oleh karena itu dibutuhkan perancangan identitas dan media promosi bagi perusahaan ini. Model perancangan yang digunakan adalah model teoritik/3D yang meliputi define, data, designing. Pendekatan perancangan yang digunakan adalah pendekatan keilmuan atau ilmiah, yang memandang suatu perancangan sebagai suatu aktivitas yang berorientasi pada proses sekaligus produk. Data yang dibutuhkan dalam perancangan ini adalah data lapangan (primer) dan data pustaka (sekunder). Data lapangan yang dibutuhkan yaitu data perusahaan, analisa pasar, analisa industri, dan data tentang kompetitor. Sedangkan untuk data pustaka yang dibutuhkan adalah data tentang teori desain komunikasi visual. Hasil perancangan adalah logo dan aplikasinya. Aplikasi tersebut berupa iklan koran, iklan majalah, mini katalog, shopping bag, merchandise, layout website, dan business stationery. Perancangan ini sudah menghasilkan logo dan aplikasinya. Secara teoritis sudah efektif, namun secara empiris belum teruji keefetivitasannya. Disarankan dilakukan uji coba dan validasi dengan seksama agar keefektivitasan media – media tersebut dapat diketahui dengan pasti.

