Perancangan Brand Communication untuk Meningkatkan Brand Awareness "Ngopio"
Abstract
Saat ini kopi sudah menjadi gaya hidup masyarakat di dunia, tidak hanya untuk kalangan dewasa saja, tetapi kalangan remaja pun sudah bisa menikmati minuman kopi. Masyarakat Indonesia sendiri pun sudah melakukan gaya hidup tersebut, menikmati minuman kopi sambil bersantai menikmati pemandangan, tertawa bersama teman -teman, bekerja, dan sebagainya. Akantetapi, semakin banyak masyarakat Indonesia gemar meminum kopi, semakin banyak juga persaingan kedai kopi yang harus mempertahankan bisnis kopi dimana di setiap kedai kopi memiliki keunikan tersendiri. Maka dari itu, dibuatlah sebuah bisnis kopi coldbrew “Ngopio” dengan biji kopi asal Flores, Indonesia yang mengandung campuran kopi arabika dan robusta agar rasa tidak terlalu pahit dan asam. Untuk target market Ngopio adalah kalangan remaja yang berumur 18-28 tahun dimana mereka memiliki status sebagai mahasiswa atau pekerja yang suka menikmati minuman kopi sambil bersantai menikmati pemandangan atau bersantai dengan teman-teman. Bisnis kopi Ngopio didirikan pada tahun 2021 dan masih baru sehingga Ngopio masih kurang dikenal oleh masyarakat luas. Oleh karena itu, dirancanglah sebuah Brand Communication yaitu menyelenggarakan sebuah kegiatan “Sunmori” atau Sunday Morning Ride dimana kegiatan tersebut menikmati perjalanan bersama teman-teman. Metode penelitian yang digunakan dalam Tugas Akhir ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data primer dilakukan wawancara expert dan extreme user, menyebarkan survei melalui online sebanyak 100 orang. Dan juga melakukan pengumpulan data sekunder yaitu studi literatur.

