| dc.contributor.author | Yuniar, Annisa | |
| dc.date.accessioned | 2024-12-18T07:32:52Z | |
| dc.date.available | 2024-12-18T07:32:52Z | |
| dc.date.issued | 2020 | |
| dc.identifier.uri | https://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/7763 | |
| dc.description | Stress is a common thing to human with various factors behind it. It is no exception for stress phenomena in teenagers caused by work or task problems, or the surrounding environment. During this time, many things can be done to relieve stress such as listening to music or taking time to rest for a while. But as the ages go on, stress could be overcome by various things related to art such as drawing and writing. It’s a form of self - expressions besides doing activity like self - love. This research was done to give a space for 16 to 25 years old teenagers who want to relieve stress through an interactive book. The content of this book itself is to ask the reader to do something to be done so that it triggers self - expressions and gives experience to its readers. The purpose of this research is to design an a ttractive visual so that the value and main function of the book can be delivered to the target market and attract people to make purchases. To pull out this interactive book, research was conducted with interviews and the dissemination of survey. Besides, books and journals are also needed as a support and reference. The design results show that the book cover is one of the important element to attract buyers’ attention so that the design must be more appropriate and unique. In addition, the use of social media as a space for product promotion also needs to be designed with more important information about the product in an attractive and consistent design, such as using a certain color palette. This interactive book will be maximized through visual, prompt , and layout design so it can achieve the goal of relieving stress for its readers. | en_US |
| dc.description.abstract | Stres merupakan hal yang umum terjadi pada manusia dengan ber ba gai faktor yang melatarbelakanginya. Tidak terkecuali fenomena stres pada remaja yang dikarenakan masalah tugas atau pekerjaan, maupun lingkungan sekitarnya. Banyak hal yang selama ini dapat dilakukan untuk meredakan stres mulai dari mendengarkan lagu at au meluangkan waktu untuk beristirahat sejenak. Namun seiring berkembangnya zaman, stres dapat diatasi dengan berbagai hal terkait dengan seni misalnya menggambar dan menulis. Hal ini sebagai bentuk ekspresi diri selain dengan melakukan aktivitas seperti s elf -love . Penelitian ini dilakukan untuk memberikan ruang bagi remaja berusian 16- 25 tahun yang ingin meredakan stres melalui sebuah buku interaktif. Konten dari buku ini sendiri yaitu beberapa ajakan untuk melakukan sesuatu sehingga memicu adanya ekspresi diri dan memberikan pengalaman pada pembacanya. Tujuan dari penelitian ini yaitu merancang visual yang menarik sehingga value dan fungsi utama buku dapat tersampaikan kepada target market dan menarik untuk melakukan pembelian. Untuk merealisasikan buku interaktif ini, dilakukan penelitian dengan wawancara terhadap beberapa narasumber terpilih serta penyebaran survey. Selain itu, buku dan jurnal juga sangat dibutuhkan sebagai pendukung dan referensi. Hasil perancangan desain menunjukkan bahwa cover buku mer upakan salah satu elemen penting untuk menarik perhatian pembeli sehingga harus dilakukan perancangan desain yang lebih sesuai dan unik. Selain itu, penggunaan media sosial sebagai ruang untuk melakukan promosi produk juga perlu dirancang dengan lebih mena mpilkan informasi penting mengenai produk dengan desain yang menarik dan konsisten, seperti dengan menggunakan color palette yang memiliki kesan ceria. Buku interaktif ini akan dimaksimalkan melalui visual, prompt, dan layout desain sehingga bisa mencapai tujuan untuk meredakan stres bagi pembacanya. | en_US |
| dc.publisher | Universitas Ciputra | en_US |
| dc.subject | Buku Interaktif | en_US |
| dc.subject | Pereda Stres | en_US |
| dc.subject | Ilustrasi | en_US |
| dc.subject | Konten | en_US |
| dc.subject | Interactive Book | en_US |
| dc.subject | Stress Reliever | en_US |
| dc.subject | Ilustration | en_US |
| dc.subject | Content | en_US |
| dc.title | Perancangan Asset Visual untuk Buku Interaktif “What’s On Your Mind” Beserta Media Promosinya | en_US |
| dc.type | Thesis | en_US |
| dc.identifier.kodeprodi | 90241 | |
| dc.identifier.nim | 20317032 | |
| dc.identifier.dosenpembimbing | Paulina Tjandrawibawa | |