BRAND COMMUNICATION BESERTA MEDIA PROMOSINYA UNTUK TOKO DD PANCING
Abstract
Memancing adalah salah satu dari hobi yang banyak digemari. Dalam memancing diperlukan berbagai peralatan untuk menunjang hobi ini. Melihat adanya peluang dalam bisnis peralatan pancing, didirikanlah toko DD Pancing. Toko DD Pancing adalah bisnis retail ya ng menyediakan berbagai peralatan untuk mendukung hobi memancing. DD Pancing sudah berdiri sejak 2018, 2 tahun dari pembuatan penelitian ini. Dalam menjalankan usahanya, DD Pancing melakukan kegiatan usahanya melalui penjualan online maupun offline . Di tah un 2020 , DD Pancing mengalami kendala yaitu makin banyaknya kompetitor toko pancing yang menjual barang sejenis, terutama di digital marketplace . Melihat permasalahan tersebut, DD Pancing membutuhkan strategi komunikasi untuk memperkenalkan DD Pancing kepa da target market dalam digital marketplace . Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi komunikasi dan media promosi yang tepat untuk mempromosikan DD Pancing dalam digital marketplace. Tujuan perancangan penelitian ini adalah agar dapat menemukan dan menentukan strategi yang tepat untuk merancang Brand Communication “DD Pancing” di digital marketplace . Akan dirancang strategi komunikasi visual akan bagaimana merancang Brand Communication “DD Pancing” beserta media promosinya agar bisa membangun persepsi customer sebagai one stop sport fishing tools dengan slogan easy and convenience Sebelum memulai perancangan akan digunakan dua judul perancangan yang akan digunakan sebagai referensi dan data pendukung. Gaya desain yang dipakai menggunakan gaya desain semi flat. Menggunakan elemen elemen desain dengan kesan sporty . Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif untuk mengumpulkan data. Metode kualitatif menggunakan wawancara kepada expert dan extreme user dalam dunia memancing untuk mencari data cara menjual alat pancing dengan baik. Metode kuantitatif dilakukan dengan survey kepada masyarakat di usia 18 tahun keatas dengan hobby memancing untuk mencari data preferensi custom er dalam mencari peralatan memancing melalui media online . Hasil dari penelitian ini didapatkan kesimpulan strategi komunikasi yang tepat untuk DD Pancing yaitu dengan memfokuskan tema komunikasi pada satu tema kegiatan memancing yang populer seperti Sport Fishing, sehingga komunikasi yang dilakukan dapat menarik target market dan memperkenalkan DD Pancing. Media yang tepat untuk mempromosikan komunikasi DD Pancing dalam digital marketplace yaitu menggunakan media Facebook beserta memfokuskan marketing kepa da orang yang baru memulai hobinya agar dapat menarik customer baru.

