Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Penggunaan Jasa "Salon"
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari tahu faktor - faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan penggunaan jasa salon. Populasi yang digunanakan adalah pen duduk di wilayah K rian - Sidoarjo. Tehknik pengambilan sampel menggunakan tehknik non - probability sampling purposive sampling . Sampel yang diambil sebanyak 98 orang yang diambil dari jumlah pengunjung salon Lisia yang telah menggunakan jasa salon Lisia. Definisi operasional penelitian menggunakan indikator pengukuran dari variabel - variabel yang telah digunakan yakni untuk variabel persepsi diukur dengan menggunakan indikator suasana dan tempat. Variabel komunikasi dengan indikator word of mouth dan brosur. Variabel motivasi d engan indikator harga dan keahlian. Indikator variabel kelas sosial adalah kelas menengah dan kelas atas. Indikator variabel kelompok referensi adalah teman dan pacar. Variabel keluarga dengan indikator ibu dan saudara. Indikator variabel memori dengan ind ikator kepuasan dan layanan. Pengukuran variabel dilakukan dengan menggunakan skala likert dari sangat tidak setuju sampai dengan sangat setuju. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara, observasi, dan kuesioner. Pada validitas diukur dengan m enggunakan bivariate pearson dan untuk pengukuran reliabilitas digunakan tehknik pengukuran cronbach alpha . Alat analisis yang digunakan adalah analisis faktor eksploratori. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini menunjukan dari tujuh variabel penelitia n persepsi, komunikasi, motivasi, kelompok referensi, keluarga, kelas sosial , dan memori merupakan faktor - faktor yang mempengaruhi pembentukan dua faktor baru yang disebut gaya hidup dan konsep diri dalam mempengaruhi keputusan penggunaan jasa salon
