PENGARUH EMPLOYEE SATISFACTION TERHADAP HOTEL PERFORMANCE DI HOTEL NOVOTEL BALIKPAPAN
Abstract
Penelitian ini merupakan studi empiris yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi yang diterapkan dalam penelitian ini adalah karyawan dari departemen yang mengetahui dengan baik mengenai performance hotel; Front Office, Sales and Marketing, Accounting dan Human Resources hotel Novotel Balikpapan yang aktif bekerja. Besar sampel penelitian ini adalah 38 sampel. Pemilihan sampel dari beberapa departemen terkait dikarenakan performance hotel hanya diketahui dengan baik oleh departemen terkait dan agar hasil penelitian obyektif, akurat dan dapat menggambarkan keadaan sebenarnya. Penilaian hotel performance yang menjadi acuan pengukuran adalah performance berdasarkan tingkat occupancy. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan selama delapan bulan dengan metode observasi dan pembagian kuesioner. Tujuan dari studi ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari employee satisfaction terhadap hotel performance dan menjawab permasalahan penurunan performance di tahun 2014. Acuan dari penelitian ini adalah dari data yang didapat penulis ketika magang pada tahun 2014 dan juga beberapa penelitian terdahulu yang menyatakan bahwa adanya pengaruh positif antara employee satisfaction terhadap hotel performance . Hasil dari penelitian ini adalah adanya hubungan psitif dan signifikan antara Employee Satisfaction terhadap Hotel Performance.

