| dc.contributor.author | Shania, Kezia | |
| dc.date.accessioned | 2025-11-21T06:15:48Z | |
| dc.date.available | 2025-11-21T06:15:48Z | |
| dc.date.issued | 2022 | |
| dc.identifier.uri | https://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/8660 | |
| dc.description | Events is one of the largest sources of income in a hotel's turnover. The department
responsible for the overall process of organizing this event is called the banquet
department. As a hotel that relies on event sales to increase its turnover, Hotel
Novotel Samator Surabaya was chosen as the object of research. This study aims
to find out how the banquet department organizes events in increasing turnover at
the Novotel Samator Hotel Surabaya. This research was conducted with a
qualitative approach and data collection methods will be carried out by
observation and interviews. The sampling technique used in this research is
purposive sampling. All data and information obtained from sources will gothrough
a data analysis process. The results of this study indicate that organizing events by
the banquet department which consists of various processes in it, from offers to
prospective customers, the preparation process before the event starts, tostrategies
in marketing and marketing activities to increase sales, has a positive impact in
increasing turnover at the Hotel Novotel Samator Surabaya. | en_US |
| dc.description.abstract | Penyelenggaraan event merupakan salah satu sumber pendapatan terbesar dalam
omzet suatu hotel. Departemen yang bertanggung jawab atas keselurahan proses
penyelenggaraan event ini disebut dengan departemen banquet. Sebagai salah satu
hotel yang mengandalkan penjualan event dalam meningkatkan omzetnya, Hotel
Novotel Samator Surabaya dipilih menjadi objek penelitian. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui bagaimana penyelenggaraan event oleh departemen banquet
dalam meningkatkan omzet di Hotel Novotel Samator Surabaya. Penelitian ini
dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan metode pengumpulan data akan
dilakukan dengan metode observasi dan wawancara. Teknik sampling yang
digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling. Semua data dan
informasi yang diperoleh dari narasumber, akan melalui proses analisis data. Hasil
dari penelitian ini menunjukkan bahwa penyelenggaraan event oleh departemen
banquet yang terdiri dari berbagai proses didalamnya, dari penawaran kepada calon
pelanggan, proses persiapan sebelum event dimulai, hingga strategi dalam
pemasarannya dan kegiatan marketing untuk meningkatkan penjualan, memiliki
dampak yang positif dalam meningkatkan omzet di Hotel Novotel Samator
Surabaya. | en_US |
| dc.language.iso | id | en_US |
| dc.publisher | Universitas Ciputra Surabaya | en_US |
| dc.subject | Penyelenggaraan Event | en_US |
| dc.subject | Departemen Banquet | en_US |
| dc.subject | Strategi Pemasaran | en_US |
| dc.subject | Marketing | en_US |
| dc.subject | Event Organizing | en_US |
| dc.subject | Banquet Department | en_US |
| dc.subject | Promotion Strategy | en_US |
| dc.title | Analisa Penyelenggaraan Event oleh Departemen Banquet dalam Meningkatkan Omzet di Hotel Novotel Samator Surabaya | en_US |
| dc.type | Thesis | en_US |
| dc.identifier.kodeprodi | 93202 | |
| dc.identifier.nim | 0406011910021 | |
| dc.identifier.dosenpembimbing | Agoes Tinus Lis Indrianto | |