Analisa Penyelenggaraan Event oleh Departemen Banquet dalam Meningkatkan Omzet di Hotel Novotel Samator Surabaya
Abstract
Penyelenggaraan event merupakan salah satu sumber pendapatan terbesar dalam
omzet suatu hotel. Departemen yang bertanggung jawab atas keselurahan proses
penyelenggaraan event ini disebut dengan departemen banquet. Sebagai salah satu
hotel yang mengandalkan penjualan event dalam meningkatkan omzetnya, Hotel
Novotel Samator Surabaya dipilih menjadi objek penelitian. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui bagaimana penyelenggaraan event oleh departemen banquet
dalam meningkatkan omzet di Hotel Novotel Samator Surabaya. Penelitian ini
dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan metode pengumpulan data akan
dilakukan dengan metode observasi dan wawancara. Teknik sampling yang
digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling. Semua data dan
informasi yang diperoleh dari narasumber, akan melalui proses analisis data. Hasil
dari penelitian ini menunjukkan bahwa penyelenggaraan event oleh departemen
banquet yang terdiri dari berbagai proses didalamnya, dari penawaran kepada calon
pelanggan, proses persiapan sebelum event dimulai, hingga strategi dalam
pemasarannya dan kegiatan marketing untuk meningkatkan penjualan, memiliki
dampak yang positif dalam meningkatkan omzet di Hotel Novotel Samator
Surabaya.

