| dc.contributor.author | Tanaya, Chelsea Mayzura | |
| dc.date.accessioned | 2025-11-21T07:10:31Z | |
| dc.date.available | 2025-11-21T07:10:31Z | |
| dc.date.issued | 2022 | |
| dc.identifier.uri | https://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/8662 | |
| dc.description | Five Star Hotel in Surabaya are lodging accommodations with luxurious and complete
facilities and professional service. This study aims to confirm what factors are to determine
consumer preferences for selecting five-star hotel in Surabaya. The population in this study
were all consumers who had stayed at a five-star hotel in Surabaya. The sampling technique
used in this study was purposive sampling with a total sample of 120 respondents. The primary
data in this study collected by questionnaire. The method used in the data analysis were
confirmatory factor analysis.
The results are formed four new factors: accommodation and service factor,
willingness factor, competitor factor, and expectation factor. Accommodation and service
factor consists of access, visibility, bedrooms, additional facilities, parking, food quality,
service quality, and atmosphere quality. Willingness factor consists of expansion, price
suitability, and atmosphere quality. Competitor factor consists of visibility and price
competitiveness. Expectation factor consists of affordability. All of these factors represent
85.24% of the 12 elements that exist. | en_US |
| dc.description.abstract | Hotel Bintang Lima di Surabaya adalah akomodasi penginapan dengan fasilitas yang
mewah dan lengkap serta pelayanan yang professional. Penelitian ini bertujuan
mengkonfirmasi faktor apa saja untuk mengetahui preferensi konsumen terhadap pemilihan
hotel bintang lima di Surabaya. Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen yang
sudah pernah menginap di hotel bintang lima di Surabaya. Teknik sampling yang digunakan
dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 120
responden. Data primer yang digunakan dalam penelitian ini didapat melalui kuesioner. Model
penelitian adalah analisis faktor konfirmatori.
Hasil penelitian adalah terbentuk empat faktor baru yaitu faktor akomodasi dan servis,
faktor kesediaan, faktor kompetitor, dan faktor harapan. Faktor akomodasi dan servis terdiri
dari akses, visibilitas, kamar tidur, fasilitas tambahan, tempat parkir, kualitas makanan, kualitas
layanan, dan kualitas suasana. Faktor kesediaan terdiri dari ekspansi, kesesuaian harga, dan
kualitas suasana. Faktor kompetitor terdiri dari visibilitas dan daya saing harga. Faktor harapan
terdiri dari keterjangkauan harga. Keempat faktor tersebut mewakili sebesar 85,24% dari 12
elemen yang ada. | en_US |
| dc.language.iso | id | en_US |
| dc.publisher | Universitas Ciputra Surabaya | en_US |
| dc.subject | Preferensi Konsumen | en_US |
| dc.subject | Faktor | en_US |
| dc.subject | Hotel Bintang Lima di Surabaya | en_US |
| dc.subject | Consumer Preferences | en_US |
| dc.subject | Five Star Hotel in Surabaya | en_US |
| dc.subject | Factors | en_US |
| dc.title | Analisis Faktor Preferensi Konsumen Terhadap Hotel Bintang Lima Di Surabaya | en_US |
| dc.type | Thesis | en_US |
| dc.identifier.kodeprodi | 93202 | |
| dc.identifier.nim | 0406011910030 | |
| dc.identifier.dosenpembimbing | Thomas Stefanus Kaihatu | |