Analisis Faktor Preferensi Konsumen Terhadap Hotel Bintang Lima Di Surabaya
Abstract
Hotel Bintang Lima di Surabaya adalah akomodasi penginapan dengan fasilitas yang
mewah dan lengkap serta pelayanan yang professional. Penelitian ini bertujuan
mengkonfirmasi faktor apa saja untuk mengetahui preferensi konsumen terhadap pemilihan
hotel bintang lima di Surabaya. Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen yang
sudah pernah menginap di hotel bintang lima di Surabaya. Teknik sampling yang digunakan
dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 120
responden. Data primer yang digunakan dalam penelitian ini didapat melalui kuesioner. Model
penelitian adalah analisis faktor konfirmatori.
Hasil penelitian adalah terbentuk empat faktor baru yaitu faktor akomodasi dan servis,
faktor kesediaan, faktor kompetitor, dan faktor harapan. Faktor akomodasi dan servis terdiri
dari akses, visibilitas, kamar tidur, fasilitas tambahan, tempat parkir, kualitas makanan, kualitas
layanan, dan kualitas suasana. Faktor kesediaan terdiri dari ekspansi, kesesuaian harga, dan
kualitas suasana. Faktor kompetitor terdiri dari visibilitas dan daya saing harga. Faktor harapan
terdiri dari keterjangkauan harga. Keempat faktor tersebut mewakili sebesar 85,24% dari 12
elemen yang ada.

