ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN DI GATHERINC CAFE & BISTRO CITRALAND SURABAYA
Abstract
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN
PEMBELIAN DI GATHERINC CAFE & BISTRO CITRALAND SURABAYA
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rasa keingintahuan peneliti terhadap Faktor-Faktor
apa saja yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Gatherinc Café &
Bistro adalah sebuah café di daerah Surabaya Barat khususnya Citraland yang selalu
ramai akan pengunjung walaupun harga yang dipasang menengah ke atas dan
berlokasi di dalam Citraland. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor manakah
yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen diantara faktorfaktor
stimulasi pemasaran, perilaku konsumen, kualitas layanan dan lokasi di
Gatherinc Café & Bistro. Metode penelitian yang digunakan adalah metode
kuantitatif dengan populasi penelitian konsumen Gatherinc Café & Bistro yang sudah
melakukan pembelian minimal satu kali dan dinyatakan populasi tidak terhingga.
Sampel pada penelitian ini diambil dengan menggunakan rumus Widiyanto. Data
diambil menggunakan kuesioner yang diukur dengan skala Likert. Penelitian ini
menggunakan analisis faktor konfirmatori dengan bantuan SPSS dan didapatkan hasil
bahwa faktor yang dominan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen di
Gatherinc Cafe & Bistro adalah faktor stimulasi pemasaran dengan indikator
manajemen produksi, kualitas produk, dan manajemen pemasaran.
