LANGKAH – LANGKAH PEMASARAN BAGI ANEKA ROMBONG DENGAN PENDEKATAN BAURAN PEMASARAN DAN BENCHMARKING
Abstract
Aneka Rombong adalah sebuah perusahaan jasa yang menghasilkan produk
utama berupa booth atau stand. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang
langkah - langkah pemasaran yang sesuai pada perusahaan Aneka Rombong
dengan menggunakan pendekatan bauran pemasaran dan benchmarking. Dalam
menentukan langkah pemasaran terdapat sebuah urutan yang harus
dipertimbangkan yaitu melihat situasional, menentukan sasaran, merancang
taktik, menyiapkan anggaran, dan melakukan kontrol. Jenis penelitian ini
menggunakan paradigma penelitian dengan jenis kualitatif. Hasil analisis
penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat hal yang harus diperbaiki dari segi
produk yaitu agar lebih mengutamakan kualitas, menginfestasikan mesin untuk
mempercepat proses produksi, membuat pilihan yang beragam, mengikutsertakan
konsumen dalam penentuan model. Dari segi harga yaitu membuat harga yang
sesuai dengan kualitas bahan, memberikan potongan harga, jangan menurunkan
harga dengan menurunkan kualitas produk. Dari segi promosi yaitu untuk
melakukan pemasaran pada media sosial dan juga untuk lebih sering ikut
pameran, selain itu kegiatan promosi harus lebih rutin diakukan. Dari segi tempat
atau kantor perusahaan harus memilikinya dan juga dalam kantor tersebut harus
diberikan contoh portofolio.
