FAKTOR-FAKTOR PENDORONG KEPUTUSAN MENJADI SEORANG HYBRID ENTREPRENEUR
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari faktor-faktor yang mendorong keputusan untuk menjadi pelaku hybrid entrepreneur. Responden dari penelitian ini adalah 97 hybrid entrepreneur di Kota Surabaya. Pendekatan penelitian dilakukan secara kuantitatif dengan menggunakan metode second order confirmatory factor analysis. Isi dari kuisioner dibuat berdasarkan indikator-indikator pada tujuh variabel yang diperkirakan menjadi pendorong keputusan untuk menjadi seorang hybrid entrepreneur. Variabel yang digunakan yaitu motivasi, pengembangan diri, rasa aman, passion, pengalaman, keluarga, dan lingkungan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa seluruh variabel yang digunakan dalam penelitian ini merupakan faktor-faktor yang mendorong keputusan para pelaku hybrid entrepreneur di Kota Surabaya. Hasil dari penelitian ini juga memperkuat beberapa penelitian dan teori-teori yang digunakan sebagai landasan dalam penelitian ini. Selain itu, ketujuh aktor juga merefleksikan keputusan peneliti untuk menjadi seorang hybrid entrepreneur juga.