Strategi Peningkatan Motivasi Karyawan Dalam Rangka Produktivitas Di Bengkel Corvette Surabaya
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab rendahnya motivasi sekaligus menentukan strategi yang dapat dipakai di Bengkel Corvette dalam meningkatkan motivasi karyawan. Corvette merupakan salah satu bengkel terkemuka di Surabaya yang sarat dengan teknologi tinggi serta diawaki oleh mekanik terdidik. Namun dalam kenyataannya justru kinerja semakin merosot, dengan kata lain perusahaan merugi. Dari pengamatan,kemunduran corvette lebih banyak disebabkan rendahnya motivasi kerja dari karyawan.Karyawan sebagai manusia tidak lepas dari faktor-faktor yang mempengaruhi, bisa internal maupun eksternal. Meskipun gaji yang diterima sudah sesuai dengan peraturan, tetapi tuntutan hidup yang setiap saat meningkat akan dapat membawa dampak negatif atau tepatnya motivasi karyawan akan menurun. Analisa kualitatif melalui data primer wawancara akan mampu menemukan faktor internal dan eksternal yang erat kaitannya dengan kualitas motivasi karyawan sedangkan untuk mendapatkan kebenaran akademik, beberapa teori sekaligus diterapkan. Teori motivasi dari Teori Maslow sangat diperlukan mengingat obyek penelitianya adalah motivasi (manusia) yang mempunyai kebutuhan untuk hidup, sementara teori SWOT guna mengetahui posisi perusahaan juga untuk bisa menentukan strategi kedepan. Hasil analisis penelitian mendapatkan strategi ST sebagai pilihan melalui usaha diversifikasi, artinya strategi yang memanfaatkan kekuatan (S) untuk menghadapi ancaman (T) dengan melancarkan diversifikasi konsentrik yang di titik beratkan pada upaya pemenuhan kebutuhan aspek material dan diversifikasi horizontal yang berupaya untuk memenuhi kebutuhan non material.