PERANCANGAN STRATEGI PEMASARAN PADA USAHA CHILETO DI SURABAYA
Abstract
Perancangan Strategi Pemasaran Pada Usaha Chileto Di Surabaya
Penelitian ini bertujuan untuk perancangan strategi pemasaran usaha
Chileto dengan menggunakan analisis Five Force, SWOT, dan Marketing mix agar
dapat memperoleh keunggulan bersaing. Jenis penelitian yang digunakan adalah
penelitian kualitatif deskriptif. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah
wawancara kepada delapan orang narasumber yang terbagi menjadi wawancara ke
tiga konsumen dengan minimal pembelian dua kali pembelian, dua orang ahli
yang telah berpengalaman dalam industri yang bergerak di bidang Food and
Beverage produk es krim minimal tiga tahun, pengamat strategi dan pihak
manajemen usaha Chileto serta dengan melakukan observasi dan dokumentasi.
Uji validitas dan reliabilitas data pada penelitian ini menggunakan triangulasi
sumber dan data. Alat analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis
Five Force, SWOT, dan Marketing Mix. Analisis Five Force bertujuan untuk
menganalisis industri Food and Beverage, Analisis SWOT bertujuan untuk
menganalisis perusahaan Chileto dan Analisi Marketing Mix bertujuan untuk
implementasi strategi pemasaran.
Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan Five Force
Analysis didapat ancaman pendatang baru dimana pesaing dari segi harga yang
kompetitif, telah memiliki nama, terus berinovasi membuat Chileto perlu juga
meningkatkan daya saing dengan mengantisipasi pendatang baru ini. Berdasarkan
analisis SWOT didapatkan bahwa perusahaan dapat memanfaatkan kelebihan
yang dimiliki untuk menghindari ancaman yang ada dengan
mengimplementasikan strategi marketing mix melalui perbaikan packaging,
menambah varian rasa dari produk, menambah kegiatan promosi dengan banyak
mengikuti pameran, melakukan edukasi pasar mengenalkan produk gelato serta
promo tertentu dengan potongan harga khusus, dan menambah outlet atau cabang
baru di mall-mall untuk pengembangan usaha.