STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MELALUI INSTAGRAM UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN DEPOT SATAICHAN SURABAYA
Abstract
STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MELALUI INSTAGRAM UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN DEPOT SATAICHAN
SURABAYA
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan mendapatkan gambaran
tentang strategi komunikasi pemasaran apa dan bagaimana yang seharusnya
digunakan oleh Depot Sataichan Surabaya untuk dapat meningkatkan penjualan
produknya. Teknik pengambilan data dari penelitian ini adalah dengan
menggunakan wawancara semi terstruktur kepada empat subyek penelitian.
Berdasarkan hasil wawancara, dapat disimpulkan bahwa relationship marketing
sangat bergantung dan menekankan pada trust (kepercayaan) konsumen terhadap
suatu produk. Perilaku konsumen menekankan pada kepuasan konsumen terhadap
suatu produk yang sudah dibeli. Komunikasi menekankan pada sarana yang
digunakan untuk memberikan informasi kepada konsumen, di sini sosial media
Instagram yang dipilih untuk menjadi sarananya. Dan yang terakhir adalah format
informasi, poin ini bergantung ada konten dan isi dari informasi yang disampaikan,
karena Instagram adalah aplikasi visual, maka nantinya foto dan desain yang
menjadi acuan ukurannya. Keempat indikator ini mempunyai peranan yang penting
dan saling berkaitan satu sama lain dalam hal strategi pemasaran melalui Sosial
Media, terutama Instagram.