PERANCANGAN AKTIVASI BRAND DAN MEDIA PROMOSI UNTUK JOYJOYBA CLOTHING
Abstract
Perancangan ini dilakukan untuk memperkenalkan brand Joyjoyba
Clothing kepada target marketnya. Joyjoyba Clothing merupakan bisnis baru
yang bergerak dibidang fashion ini menghasilkan produk clothing line dengan
desain yang simbolik dari K-Pop sendiri dimana contoh desainnya ada yang
diambil dari alur cerita lagu dan drama Korea serta budayanya yang
dikombinasikan dengan tren barat untuk mengubah persepsi negatif masyarakat
terhadap budaya pop Korea dan menjawab permasalahan yang dihadapi oleh
penggemar budaya pop Korea.
Sebagai brand yang baru, Joyjoyba Clothing perlu untuk
memperkenalkan brand kepada target pasar agar dapat dikenal, diingat calon
konsumen dan dapat bersaing dengan kompetitor yang sudah ada sebelumnya.
Agar dapat mencapai hal tersebut, diperlukan strategi komunikasi visual yang
efektif, efisien dan sesuai dengan target pasar yang merupakan wanita remaja
penggemar budaya pop Korea serta berdomisili di wilayah Surabaya.
Pengaktivasian brand merupakan salah satu cara untuk memperkenalkan
serta mendekatkan brand pada target pasar dengan tujuan akhir untuk
meningkatkan penjualan produk. Salah satu metode pengaktivasian brand yang
efektif serta efisien untuk target pasar dari Joyjoyba Clothing adalah membuat
sebuah acara lomba baik secara online maupun offline. Dengan mengadakan
acara lomba, target konsumen dapat mendapatkan pengalaman serta
merasakan langsung value dari Joyjoyba Clothing yang kemudian secara tidak
langsung akan meningkatkan brand awareness. Disamping itu, Joyjoyba Clothing
juga dapat berinteraksi langsung dan menjadi lebih dekat dengan target
konsumen. Elemen-elemen media promosi yang ada dalam acara ini turut
berperan penting agar event ini dapat diketahui serta diikuti oleh target pasar dari
Joyjoyba Clothing, serta produk Joyjoyba Clothing semakin dikenal dan
dipercaya oleh calon konsumen