ANALISIS STRATEGI PENETAPAN HARGA JUAL DITINJAU DARI HARGA POKOK PRODUKSI PADA PERUSAHAAN ALIFF CATERING
Abstract
Latar belakang utama penelitian ini adalah adanya kerugian yang dialami oleh
Aliff Catering periode 2015 – 2016. Masalah yang ada pada aliff catering adalah
penetapan harga pokok produksi dan bahan baku yang hanya menggunakan
perhitungan dan penetapan harga berdasarkan pada asumsi, oleh karena itu
penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan cara dan metode
penetapan harga pokok produksi serta harga jual yang tepat. Metode penelitian
yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Proses
pengambilan data pada penelitian ini menggunakan wawancara semi terstruktur
dan observasi. Metode penentuan subjek penelitian ini menggunakan purposive
sampling yang terdiri atas dua pemilik bisnis sejenis dan satu ahli di bidang
kuliner. Objek dari penelitian ini adalah penetapan harga pokok produksi dan
harga jual pada nasi kotak Aliff Catering. Penelitian ini bertujuan mendapatkan
metode penetapan harga pokok produksi dan harga jual terhadap produk nasi
kotak Aliff Catering. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode penetapan
harga pokok produksi yang digunakan adalah variable costing dan metode yang
digunakan untuk harga jual nasi kotak Aliff Catering adalah competitive based
pricing.