STRATEGI MANAGEMENT OPERATIONAL UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN PADA TOKO KELONTONG JP JAYA
Abstract
Di era globalisasi dan kemajuan yang sangat cepat, pertumbuhan industri retail
modern di Indonesia mengalami kemajuan yang begitu cepat, KEMENDAG
mengungkapkan bahwa pada tahun 2014 jumlah industri retail modern mencapai
23.000 unit dengan 14.000 lebih menggunakan konsep minimarket. JP Jaya
merupakan salah satu industri retail consumer goods yang berada di Jl Pasar
Palang no.9 Pasuruan. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian
kualitatif dengan menggunakan 3 orang sebagai narasumber. Narasumber yang
dipilih oleh peneliti adalah pemilik perusahaan, pelanggan dari toko Jp Jaya dan
expert dari management operational dan retail. Metode pengumpulan data yang
digunakan pada penelitian ini adalah wawancara semi terstruktur,data pada
penelitian ini telah melalui beberapa tahap uji keabsahan data sebelum peneliti
melakukan penarikan kesimpulan. Setelah melakukan penelitian pada toko
kelontong JP Jaya mengenai menegement operational untuk meningkatkan
kualitas layanan maka peneliti memiliki beberapa kesimpulan yaitu, JP Jaya
harus memperbaiki sistem inventory barang yang ada pada JP Jaya, selain itu JP
Jaya juga harus memperhatikan tempat yang berhubungan dengan barang JP
Jaya baik itu tempat yang ada pada gudang maupun tempat untuk mendisplay
barang di toko. Selain memperbaiki sistem inventory, JP Jaya juga harus
memperhatikan karyawan yang dimiliki, baik itu dari segi kualitas karyawan, jam
kerja karyawan dan lain sebagainya, dengan memperhatikan hal-hal tersebut
maka JP Jaya dapat meningkatkan kualitas layanan yang ada pada perusahaan