| dc.description.abstract | Penelitian ini dilatarbelakangi oleh persaingan dagang yang semakin hari semakin
ketat di Indonesia menuntut perusahaan untuk menjadi lebih kreatif dan inovatif
dalam mengembangkan produk. Salah satunya adalah perusahaan Kampoeng
Arab Indonesia dimana sebagai perusahaan yang berdiri sejak tahun 2014
mengalami tingkat kenaikan profit yang tidak stabil dikarenakan minimnya
pengembangan terhadap produk dari perusahaan Kampoeng Arab Indonesia.
Dalam dunia bisnis, pengembangan produk berperan sangat penting, oleh sebab
itu penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana model proses
pengembangan produk baru untuk Kampoeng Arab Indonesia. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif yang mana dalam penelitian yang dilakukan
bersifat deskriptif. Objek yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan
Kampoeng Arab Indonesia sedangkan subjek yang digunakan dalam penelitian ini
terdapat 6 orang narasumber dengan 4 perusahaan dimana masing-masing
perusahaan adalah perusahaan jenis industri food & beverage dan industri
manufaktur. Pengumpulan data dilakukan oleh peneliti melalui wawancara,
observasi, serta dokumentasi. Pada penelitian ini metode analisa data dilakukan
pengkodingan atau kodifikasi dengan menggunakan pengkodean awal,
pengkodean aksial dan pengkodean selektif. Berdasarkan hasil penelitian yang
dilakukan, diketahui bahwa perusahaan Kampoeng Arab Indonesia berhasil
menemukan model proses pengembangan produk baru, dengan tahapan
pemunculan gagasan, penyaringan gagasan, berikutnya tahapan pengembangan
dan pengujian konsep, pengembangan dan strategi pemasaran, serta analisis
bisnis dilakukan secara paralel kemudian tahapan berikutnya adalah legalitas
pengembangan, pengujian pasar, dan komersialisasi. Kemudian dari hasil
penelitian didapati bahwa semua tahapan pengembangan produk sudah
dilaksanakan oleh para narasumber. Melalui penelitian ini dapat diketahui bahwa
dengan adanya model proses pengembangan produk dapat mempengaruhi
tingkat keberhasilan dalam mengembangkan produk | en_US |