PERAN BRAND AMBASSADOR DALAM MENINGKATKAN MINAT KONSUMEN PADA PRODUK DOUJ PROTECT
Abstract
Penggunaan brand ambassador penting bagi perusahaan agar dapat memperkenalkan produk perusahaan ke masyarakat luas dan dapat meningkatkan pendapatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran brand ambassador dalam meningkatkan minat konsumen pada produk Douj Protect. Subyek dalam penelitian ini yang dipilih sebagai informan adalah calon pelanggan, pelanggan, pemilik perusahaan, brand ambassador dan expert marketing, sedangkan obyek dalam penelitian ini adalah Perusahaan Douj Protect. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara didukung dengan pendokumentasian data. Wawancara digunakan untuk mengetahui pendapat informan mengenai peran brand ambassador pada produk Douj Protect. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran brand ambassador melalui model VisCAp
(visibility, credibility, attraction, power) dapat memberikan daya tarik untuk konsumen dan calon konsumen, brand ambassador yang dipilih Douj Protect memiliki popularitas di Youtube sebagai sneakers head dengan memiliki kredibilitas yang baik. Adanya pemilihan brand ambassador sudah sesuai dengan target market perusahaan Douj dapat menimbulkan minat konsumen dan calon konsumen pada produk. Selain brand ambassador, harga dan kualitas menjadi pertimbangan konsumen dalam melakukan pembelian produk sehingga perusahaan harus bisa bersaing dengan pasar yang lain.
