PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN DAN KEPERCAYAAN (TRUST) PELANGGAN RUMAH TANGGA DAYA 900 VA PLN DI SURABAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas layanan terhadap
Kepuasan, pengaruh Kualitas layanan terhadap Kepercayaan, pengaruh kepuasan
terhadap kepercayaan pada pelayanan pelanggan daya 900 VA PLN di Surabaya, dimana
PLN dengan segala upaya telah melakukan perbaikan layanan untuk meningkatkan
kepuasan pelanggannya sejak tahun 2010.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dengan questioner (termasuk
penelitian Explanatory )Lokasi penelitian di Daerah Surabaya bagian Barat yang
merupakan wilayah Kerja PLN area Surabaya Barat. Populasi penelitian ini adalah
pelanggan PLN daya 900 VA dengan pengukuran pasca bayar yang berada di daerah
Surabaya Barat antara lain daerah kecamatan Karangpilang, Wiyung, Lakar santri,
jambangan. . Sampel sebanyak 110 orang responden yang diambil menggunakan teknik
purposive sampling dan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan
harapan kemudahan memperoleh data. Analisis data yang digunakan adalah dengan
analisis deskriptif, dan analisis jalur (path analysis) SEM PLS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hipotesis pertama yaitu Kualitas layanan
berpengaruh signifikan terhadap variabel Kepuasan, dengan nilai original sample
0.774633 (menunjukkan nilai positip) dan nilai t statistics sebesar 8.254319 sehingga
hipotesis 1 diterima. Hal ini sesuai dengan hasil penelitian sebelumnya milik Suman
Mazumder, and A B M Rashedul Hasan, (2014) , J. Joshua Selvakumar (2015), Rifka
Solang, Silvya L Mandey, Olivia S. Nelwan, (2014), bahwa kualitas layanan mampu
mempengaruhi kepuasan layanan secara langsung. Hipotesis kedua bahwa Kualitas
layanan berpengaruh signifikan terhadap variabel Kepercayaan, dengan nilai original
sample adalah 0.531776 menunjukkan adanya hubungan positif dan nilai t Statistics
sebesar 3.365069 sehingga Hipotesis ini diterima dan sesuai dengan hasil penelitian
sebelumnya milik Molden Elrado H, Srikandi Kumadji ,Edy Yulianto (2014), bahwa
kualitas layanan mampu mempengaruhi kepercayaan pelanggan. Hipotesis ketiga bahwa
variabel Kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan melalui mediasi
kepuasan. nilai original sample adalah 0.208240, nilai ini menunjukkan adanya hubungan
positif dan nilai t Statistics diperoleh nilai sebesar 1.225406 (lebih kecil dari t tabel 1,96)
sehingga bermakna tidak signifikan . Hipotesis ini ditolak dan tidak sesuai dengan hasil
penelitian sebelumnya milik Molden Elrado H, Srikandi Kumadji ,Edy Yulianto (2014),
bahwa kepuasan mampu mempengaruhi kepercayaan pelanggan. Hal ini karena nilai
kepuasan yang dirasakan oleh pelanggan kurang maksimal sehingga pengaruh terhadap
kepercayaan tidak signifikan, dan customer tidak mempunyai spectrum kepuasan sebagai
perbandingan dengan kepuasan layanan yang diterima dari layanan PLN
