Show simple item record

dc.contributor.authorMahardika, Putu Aditya Pratama
dc.date.accessioned2019-01-16T04:11:59Z
dc.date.available2019-01-16T04:11:59Z
dc.date.issued2017
dc.identifier.urihttps://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/1685
dc.description.abstractPenelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk merancang suatu model strategi manajemen baru yang disebut Model Blue Ocean Strategy pada perusahaan industri konstruksi. Model strategi baru diharapkan menjadi solusi terhadap masalah yang dihadapi industri jasa konstruksi pada tahun 2017, antara lain : ketatnya kompetisi dan pendapatan perusahaan yang cenderung stagnan. Perusahaan yang diteliti adalah PT. Sinarbali Binakarya (PT. SBBK), beserta cakupan industrinya dengan menggunakan data-data yang dikeluarkan pada periode tahun 2017. Metode pengumpulan data menggunakan data primer dan sekunder. Analisis data primer dan sekunder 5 Forces Model Porter, PESTLE Analysis dan SWOT. Sedangkan tahap perumusan strategi Blue Ocean menggunakan perangkat analisis Blue Ocean dari prinsip 1 sampai dengan 4 yaitu : Strategy Canvas, 4 Action Framework, dan ERRC Grid Hasil analisis menunjukkan bahwa Strategi S-T awal yang dibentuk memiliki gap dengan Current Strategy PT.SBBK. Pada Current Strategy yang digunakan oleh PT.SBBK, memiliki sifat Red Ocean Strategy (ROS) dengan ciri-ciri : bersaing di pasar yang ada dan melakukan strategi sama dengan perusahaan jasa konstruksi lain. Kondisi perusahaan PT.SBBK saat dipetakan dengan kompetitor nomor 1 dan 2 industri jasa konstruksi, menunjukkan perusahaan berada di zona red ocean. Pembentukan kurva elemen baru berdasarkan hasil analisis, menghasilkan 7 tambahan elemen nilai baru bagi perusahaan yaitu Construction activities programming, Design planning, project manager commitment to the goals, Project team motivation, project manager technical capabilities, dan control systems, definition of work and its field Hasil analisis pembentukan Strategi Baru sebagai sintesis dari Strategi TO dan Strategi Kanvas BOS, menghasilkan 10 (sebelas) butir Strategi Proposal Baru bagi PT. SBBK, 10 (sebelas) Strategi Baru Hasil ini menunjukkan Strategi Baru yang memiliki kelayakan sebagai Blue Ocean Strategy. Sebagai kesimpulan, penelitian ini menghasilkan Model Strategi Baru yang berbeda dengan Current Strategy perusahaan. Model Strategi Baru ini ini memiliki harapan untuk mendorong keluar perusahaan PT. SBBK dari zona Red Ocean menuju Blue Oceanen_US
dc.language.isoBahasa Indonesiaen_US
dc.publisherUniversitas Ciputra Surabayaen_US
dc.subjectBlue Ocean Strategy, Industri Jasa Konstruksi, SWOTen_US
dc.titlePERANCANGAN BLUE OCEAN STRATEGY PADA PT. SINARBALI BINAKARYAen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nidn0707055601
dc.identifier.kodeprodi70201
dc.identifier.nim50115071
dc.identifier.dosenpembimbingJ.E. Sutanto


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record