PERANCANGAN BLUE OCEAN STRATEGY PADA PT. SINARBALI BINAKARYA
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk merancang suatu model strategi
manajemen baru yang disebut Model Blue Ocean Strategy pada perusahaan industri
konstruksi. Model strategi baru diharapkan menjadi solusi terhadap masalah yang
dihadapi industri jasa konstruksi pada tahun 2017, antara lain : ketatnya kompetisi
dan pendapatan perusahaan yang cenderung stagnan.
Perusahaan yang diteliti adalah PT. Sinarbali Binakarya (PT. SBBK), beserta
cakupan industrinya dengan menggunakan data-data yang dikeluarkan pada periode
tahun 2017. Metode pengumpulan data menggunakan data primer dan sekunder.
Analisis data primer dan sekunder 5 Forces Model Porter, PESTLE Analysis dan
SWOT. Sedangkan tahap perumusan strategi Blue Ocean menggunakan perangkat
analisis Blue Ocean dari prinsip 1 sampai dengan 4 yaitu : Strategy Canvas, 4 Action
Framework, dan ERRC Grid
Hasil analisis menunjukkan bahwa Strategi S-T awal yang dibentuk memiliki gap
dengan Current Strategy PT.SBBK. Pada Current Strategy yang digunakan oleh
PT.SBBK, memiliki sifat Red Ocean Strategy (ROS) dengan ciri-ciri : bersaing di
pasar yang ada dan melakukan strategi sama dengan perusahaan jasa konstruksi
lain. Kondisi perusahaan PT.SBBK saat dipetakan dengan kompetitor nomor 1 dan 2
industri jasa konstruksi, menunjukkan perusahaan berada di zona red ocean.
Pembentukan kurva elemen baru berdasarkan hasil analisis, menghasilkan 7
tambahan elemen nilai baru bagi perusahaan yaitu Construction activities
programming, Design planning, project manager commitment to the goals, Project
team motivation, project manager technical capabilities, dan control systems,
definition of work and its field
Hasil analisis pembentukan Strategi Baru sebagai sintesis dari Strategi TO dan
Strategi Kanvas BOS, menghasilkan 10 (sebelas) butir Strategi Proposal Baru bagi
PT. SBBK, 10 (sebelas) Strategi Baru Hasil ini menunjukkan Strategi Baru yang
memiliki kelayakan sebagai Blue Ocean Strategy.
Sebagai kesimpulan, penelitian ini menghasilkan Model Strategi Baru yang berbeda
dengan Current Strategy perusahaan. Model Strategi Baru ini ini memiliki harapan
untuk mendorong keluar perusahaan PT. SBBK dari zona Red Ocean menuju Blue
Ocean