PROFILING KEPUASAN CIVITAS AKADEMIKA UNIVERSITAS CIPUTRA TERHADAP APLIKASI CIPUTRA INFORMATION SYSTEM
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa rata-rata tingkat
kepuasan pengguna terhadap sistem informasi Ciputra Information System (CIS)
yang digunakan oleh Universitas Ciputra. Pengukuran dilakukan dengan
menggunakan lima indikator yaitu Competence of e-Service Support Staff,
System availability, Service Portfolio, Responsiveness, dan Reliability. Analisis
yang dipakai dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif dan fenomenologi.
Populasi pada penelitian ini adalah tiga kelompok pengguna CIS yang paling
aktif yaitu mahasiswa Universitas Ciputra yang berjumlah 3942 orang dengan
jumlah sampel 98 orang, staff dosen Universitas Ciputra yang berjumlah 151
orang dengan jumlah sampel 60 orang, dan staff non-dosen Universitas Ciputra
yang berjumlah 154 orang dengan jumlah sampel 61 orang dengan teknik
pengambilan sampel yaitu metode cluster sampling.
Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan diketahui bahwa rata-rata
tingkat kepuasan pengguna terhadap performa CIS dari setiap kelompok sampel
adalah 3.99 untuk mahasiswa, 3.705 untuk dosen, dan 3.838 untuk staff nondosen dengan nilai rata-rata keseluruhan adalah 3.844. Dan dari kelima faktor
yang digunakan, hanya dua faktor yang mendapatkan nilai rata-rata diatas 4
yaitu Competence of e-Service Support Staff dan System availability. Sedangkan
ketiga faktor lainnya mendapatkan nilai rata-rata dibawah 4 dengan urutan
Service Portfolio, diikuti oleh Reliability dan Responsiveness sebagai faktor
dengan tingkat kepuasan terendah.
