ANALISIS PERBEDAAN PERSEPSI TERHADAP LAYANAN REFUND, RESCHEDULE, DAN CHECK IN ONLINE ANTARA ERFE TOUR & TRAVEL DENGAN TRAVELOKA
Abstract
Kondisi industri dalam bidang tour & travel saat ini cukup menjanjikan. Saat ini perusahaan bersaing tidak hanya tentang promosi, harga, dan layanan melainkan perusahaan juga bersaing untuk memberikan layanan purna jual yang dibutuhkan oleh konsumen. Terdapat beberapa layanan purna jual yang sama-sama dimiliki oleh ERFE Tour & Travel maupun Traveloka, yaitu layanan refund, reschedule, dan check in online. Masalah dalam penelitian ini adalah kedua perusahaan tersebut sama-sama memilki layanan purna jual tersebut dan peraturan dari layanan tersebut juga ditentukan oleh perusahaan maskapai, tetapi terdapat kemungkinan bahwa persepsi dari masing-masing konsumen perusahaan tersebut bisa berbeda dalam menanggapi hal tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat perbedaan layanan refund, reschedule, dan check in online antara ERFE Tour & Travel dengan Traveloka. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode Manova. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan persepsi layanan refund antara ERFE Tour & Travel dengan Traveloka. Untuk persepsi layanan reschedule dan check in online menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan antara ERFE Tour & Travel dengan Traveloka.
