IMPLEMENTASI STANDARD OPERATING PROCEDURE DAN WEBSITE SEBAGAI SARANA PENUNJANG SISTEM INFORMASI KOMUNIKASI PEMASARAN PADA PERUSAHAAN UD. VEXTRA INDONESIA
Abstract
IMPLEMENTASI STANDAR OPERATING PROCEDURE DAN
WEBSITE SEBAGAI SARANA PENUNJANG SISTEM
INFORMASI KOMUNIKASI PEMASARAN PADA
PERUSAHAAN UD.VEXTRA INDONESIA
Perkembangan teknologi saat ini berkembang secara pesat, termasuk juga di
negara-negara berkembang seperti di Indonesia. Banyak perusahaan pun turut
serta menggunakan teknologi dalam proses bisnisnya. UD. Vextra Indonesia
merupakan perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur dan berdiri sejak
tahun 2002. Vextra Indonesia memproduksi alat-alat listrik arus lemah seperti
stavolt, infrator dan produk-produk lainnya serta memberikan jasa dalam
pembuatan box yang berbahan mild steel. Perusahaan UD.Vextra Indonesia ingin
menjadikan website sebagai sarana penunjang sistem informasi komunikasi
pemasaran serta memiliki Standard Operating Procedure (SOP) yang baik. Oleh
sebab itu, akan dilakukan pembuatan SOP penerimaan keluhan, pemesanan,
pertanyaan, saran dengan menggunakan form, dan pembuatan form saran, form
keluhan, form pemesanan, dan form pertanyaan berserta logo perusahaan untuk
UD Vextra Indonesia serta SOP. Hal ini berfungsi untuk memudahkan proses
terstandarisasi melalui SOP dan website penunjang sarana komunikasi
pemasaran. Implementasi dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan
melakukan user scenario untuk penerapan SOP dan website, dan akhirnya
menghasilkan User Acceptance Test (UAT). Penelitian ini dilakukan sampai
selesai, dengan spesifikasi paket kedua yang lebih unggul dari paket satu karena
menawarkan maintainance sampai 1 tahun ke depan.