PENGARUH BRAND AWARENESS DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI POKPIAH SURABAYA DI WILAYAH SURABAYA BARAT
Abstract
Perkembangan sektor kuliner di Indonesia selalu mengalami pertumbuhan
setiap tahunnya dan menjadi sektor dengan persentase tertinggi. Hal ini membuka
peluang besar bagi bisnis yang bergerak di bidang makanan. Perusahaan Sekawan
Abadi berdiri pada tahun 2015 dan bergerak di bidang makanan yang menjual
makanan khas Medan yang bernama Popiah dan telah diinovasi oleh perusahaan
menggunakan nama Pokpiah Surabaya yang beroperasi di wilayah Surabaya
Barat. Setelah berjalan, ternyata jumlah omzet beberapa kali mengalami
penurunan dan tidak sesuai dengan peluang yang ada. Prasurvei dilakukan untuk
mengetahui penyebab penurunan omzet dengan hasil yang menunjukkan bahwa
delapan dari 16 responden menyatakan tidak sadar akan merek Pokpiah Surabaya
dan enam dari 16 responden menyatakan karena kualitas produk yang tidak
sesuai. Penelitian-penelitian sebelumnya menyatakan bahwa brand awareness dan
kualitas produk memiliki pengaruh terhadap minat beli konsumen, maka dari itu
peneliti berfokus kepada dua permasalahan tersebut. Tujuan dalam penelitian ini
adalah untuk mengetahui pengaruh brand awareness dan kualitas produk terhadap
minat beli Pokpiah Surabaya di wilayah Surabaya Barat. Penelitian ini
menggunakan teknik cluster sampling. Jumlah sampel yang digunakan yaitu 86
responden yang berada di wilayah tempat pemasaran Pokpiah Surabaya. Data
dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan SPSS. Hasil analisis yang telah
dilakukan menunjukkan brand awareness berpengaruh signifikan terhadap minat
beli dan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap minat beli.