FAKTOR – FAKTOR YANG MEMBENTUK DAYA SAING SELAI CEDIY TERHADAP KOMPETITOR
Abstract
Persaingan di industri food and beverage pun semakin ketat sehingga
membuat perusahaan harus memiliki daya saing agar dapat memenangkan
persaingan dengan kompetitor. Objek dalam penelitian ini adalah perusahaan yang
bergerak dalam bidang food and beverage, yaitu Cediy. Fenomena yang dihadapi
oleh perusahaan selai Cediy ialah penurunan target penjualan yang dlsebabkan
persaingan dengan kompetitor di store, yang begitu ketat. Kompetitor utama selai
Cediy adalah selai Morin dan Mariza. Selain itu, jumlah retailer yang dimiliki
Cediy sebanyak enam store, yaitu: Pumpkin Bakery, ILO Bakery, Swalayan
Remaja, Supermarket Bonnet, Toserba Palapa, dan Minimarket Pelangi. Maka
dari itu, perusahaan selai Cediy memerlukan daya saing yang kuat unuk
memenangkan persaingan dengan kompetitor yang lain. Tujuan dalam penelitian
ini adalah untuk mengetahui factor - faktor apa saja yang membentuk daya saing
selai Cediy terhadap kompetitor
Jenis penelitian yang akan digunakan adalah penelitian eksplanatori.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua customer Cediy per Maret dengan
jumlah sampel sebanyak 118 responden. Teknik purposive sampling merupakan
teknik pengambilan sampel. Teknik analisis data menggunakan AMOS.
Hasil kesimpulan penelitian ini adalah fokus konsumen, biaya peningkatan
kualitas, penerapan teknologi baru, fleksibilitas produksi, kualitas produk, atribut
produk, dan pengurangan kecacatan produk terbukti sebagai variabel signifikan
membentuk konstruk daya saing.