STRATEGI PENETAPAN HARGA PADA SALURAN DISTRIBUSI UNTUK USAHA LATTE COMPANY
Abstract
Penelitian yang berjudul “Strategi Penetapan Harga pada Saluran
Distribusi untuk Usaha Latte Company” ini bertujuan untuk mengetahui
bagaimana strategi penetapan harga pada saluran distribusi usaha Latte Company.
Metode penetapan harga yang digunakan dalam penelitian ini adalah cost based
pricing dengan menggunakan perhitungan cost plus pricing, value based pricing
dengan analisis economic value to the customer (EVC), dan competitive based
pricing dengan melakukan benchmarking.
Penelitian ini membandingkan hasil dari ketiga strategi penetapan harga
untuk diterapkan pada Latte Company. Saluran distribusi Latte Company
dianalisis dan dikaitkan dengan hasil dari setiap perhitungan metode penetapan
harga. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam,
observasi, dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan strategi penetapan harga yang
digunakan adalah cost plus pricing dan mengadopsi strategi milik benchmark
yakni menerapkan sistem potongan harga pada kuantitas pembelian tertentu.
Saluran disribusi yang ditetapkan adalah ke reseller dan end user dengan tidak
memberlakukan harga khusus untuk end user yang berlangganan. Harga yang
ditetapkan tidak membedakan reseller atau end user, namun berdasarkan dari
kuantitas pembelian. Hal ini dapat menyelesaikan permasalahan yang dihadapi
Latte Company pada saluran distribusi yang dimiliki saat ini terkait dengan
kurangnya keuntungan yang didapat oleh reseller.
